TopikKu
Beranda Home Pengertian Teknologi dan Manfaat Teknologi

Pengertian Teknologi dan Manfaat Teknologi

Table of Contents

Pengertian Teknologi dan Manfaat Teknologi

Pengertian Teknologi dan Manfaat Teknologi. Teknologi adalah suatu konsep yang cukup luas dan mencakup banyak manfaat di kehidupan manusia jaman sekarang. Secara umum teknologi bertujuan untuk penggunaan dan sebuah alat untuk memecahkan masalah atau bisa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi tidak hanya berfokus pada mesin dan perangkat keras yang sering kita gunakan saat ini, tetapi juga teknologi bisa mencakup perangkat lunak, sistem informasi, dan berbagai bidang lainnya. Berikut Pengertian Teknologi dan Manfaat Teknologi bagi kehidupan sehari-hari.

Teknologi

Pengertian Teknologi dan Manfaat Teknologi

10 Penemu Teknologi Dunia Berserta Sejarah Singkat dan Perkembangan Teknologi dari Awal Hingga Saat Ini 

Teknologi adalah hasil dari pengembangan yang panjang yang melibatkan kreativitas, pengetahuan, dan keinginan manusia untuk meningkatkan cara hidup mereka. Secara umum, terdapat beberapa sumber utama revolusi teknologi yaitu: 

Johannes Gutenberg : Penemu Mesin Cetak Pertama Pada Tahun 1455

Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak pertama pada tahun 1455. Penemuan alat cetak ini mengawali penerbitan surat kabar, majalah, dan buku, serta alat cetak lainnya berkembang pesat pada saat itu. Lalu bermunculan juga teknologi yang lain seperti linotype machine (mesin ketik), lithography (mesin print pertama), photoengraving (perkembangan mesin cetak dengan kombinasi teknik photo), teknologi photocopy hingga pemanfaatan komputer dalam mencetak. Di era perkembangan terakhir muncullah majalah, suarat kabar dan buku melalui tampilan online di internet.

James Watt : Penemu Mesin Uap Pertama Pada Tahun 1769

Pada tahun 1769 James Watt telah menemukan mesin uap dalam revolusi Industri pada saat itu. Teknologi buatan James Watt bisa memungkinkan manusia memproduksi dan memproses barang dari tekstil hingga pertanian. Dengan Ini perekonomian, pekerjaan manusia pada saat itu berubah sangat pesat secara menyeluruh. 

Alexander Graham Bell : Penemu telepon 

Pada tahun 1876 Alexander Graham Bell yang kemudian menciptakan telepon dan merevolusi cara berkomunikasi manusia pada saat itu. Telepon juga bisa berkomunikasi jarak jauh yang menghubungkan orang-orang di seluruh dunia. Skala penggunaan teknologi ini berkembang dari tahun ke tahun dengan sangat pesat. Kemudian penemuan selanjutnya dari telepon ini adalah telepon mobile yang akhirnya terciptanya layanan Third Generation (3G) oleh sebuah industri komunikasi yang bernama The Holy Grail yang bisa memungkinkan manusia untuk mengirimkan voice, video, dan data melaui internet.

Guglielmo Marconi : Penemu Radio Gelombang Elektromagnetik

Guglielmo Marconi adalah seorang insinyur asal Italia, dan tokoh utama dalam perkembangan teknologi radio gelombang elektromagnetik pada tahun 1895. Beliau telah menciptakan sistem komunikasi nirkabel yang memungkinkan orang-orang dapat berbagi informasi dan berita secara cepat dan tepat di seluruh dunia. 

Thomas Edison : Penemu Lampu Pijar dan Listrik

Pada tahun 1879 Thomas Edison telah menemukan/menciptakan lampu pijar yang praktis dan efisien. Dalam penemuan ini Thomas Edison juga menyediakan sumber Cahaya yang dapat memungkinkan penerangan selama lebih banyak waktu. Dengan ini manusia bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan adanya penerangan lampu pijar dan listrik pada saat itu, dan Thomas Edison juga berkontribusi dalam pengembangan sistem distribusi listrik pada waktu itu. 

Steve Jobs : Pendiri Apple Inc.

Perusahaan Apple ini telah berinovasi melalui produk-produk Apple seperti Macintosh, iPod, iPhone, dan iPad. Steve Jobs mempunyai Visi terhadap antarmuka pengguna yang sederhana dan desain yang elegan, dan sekarang kita telah merasakan revolusi teknologi yang di buat oleh Steve Jobs. 

Tim Berners Lee : Penemu World Wide Web (WWW)

Tim Berners Lee adalah seorang fisikawan dan insinyur komputer asal London, Inggris. Ialah otak di balik penciptaan World Wide Web pada tahun 1989, ia juga memperkenalkan ide konsep sistem informasi global yang terhubung melalui internet.

Mark Zuckerberg : Pendiri Facebook

Mark Zuckerberg adalah pendiri facebook, ia memulai project ini saat masih menjadi mahasiswa di salah satu universitas di amerika serikat yaitu Universitas Harvard. Awalnya ia membuat facebook untuk menghubungkan mahasiswa di Harvard tetapi berkembangnya facebook akhirnya facebook bisa di gunakan untuk menghubungkan orang-orang yang ada di seluruh dunia. 

Bill Gates : Pendiri Microsoft

Bill Gates adalah pendiri Microsoft, Bill Gates sendiri sangat berpengaruh dalam perkembangan perangkat lunak dan industry komputer saat ini. Sistem operasi windows yang sering kita gunakan adalah pengembangan perangkat lunak dari Microsoft yang telah banyak orang gunakan di seluruh dunia. 

Elon Musk : Visioner Teknologi Masa Depan 

Elon Musk adalah seorang visioner dan juga pengusaha yang di kenal sebagai pemilik perusahaan otomotif yaitu Tesla Inc., dan Elon Musk juga pendiri dari perusahaan SpaceX, yaitu perusahaan satelit komersial terbesar di dunia. Tak hanya itu Elon Musk juga mengakuisisi perusahaan tenaga surya yaitu SolarCity pada tahun 2016. 

Kalian sudah membaca siapa penemu teknologi dan juga sejarah teknologi dari awal hingga saat ini. Yuk kita bahas mengenai Apa Manfaat dari Teknologi Bagi Kehidupan Kita Sehari-hari ?

Manfaat Teknologi

Manfaat Teknologi

Teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan tak bisa terpisahkan. Inovasi-inovasi dalam teknologi terus bermunculan, dan dapat memberikan dampak positif bagi penggunanya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat dalam teknologi yang akan saya berikan untuk kalian..

Manfaat Teknologi Untuk Komunikasi yang Lebih Mudah dan Efisien:

Komunikasi waktu jaman dulu harus memerlukan waktu, tapi beda kini dengan jaman sekarang semua serba instan dan cepat. Untuk dapat berkomunikasi dengan keluarga, rekan kerja maupun dengan teman/sahabat kita hanya memerlukan handphone/telepon agar bisa berkomunikasi dengan mereka, dan tak hanya itu juga kita dapat melakukan panggillan video call apa bila kita berada jauh dengan keluarga ataupun teman/sahabat. Masih banyak lagi manfaat mengenai komunikasi menggunakan handphone/telepon genggam..

Manfaat Teknologi Untuk Kemudahan dalam Berbelanja:

E-commerce atau electronic commerce adalah suatu proses terjadinya transaksi jual beli yang bisa kalian pergunakan secara online melalui media elektronik. E-commerce telah mengubah cara kita berbelanja saat ini. Dengan adanya platform E-commerce seperti Amazon, Lazada dan Tokopedia, kita dapat dengan mudah berbelanja berbagai produk yang kita inginkan tanpa harus pergi ke tempat/toko tersebut. Proses pembeliannya juga termasuk sangat cepat dan untuk pengirimannya juga tergolong effisien yang memberikan kenyamanan kepada konsumen. E-commerce juga tidak hanya memudahkan konsumen, bahkan pemilik bisnis atau yang mempunyai usaha kecil-kecilan tak harus mengeluarkan biaya untuk sewa toko/ruko cukup dengan mendaftar sebagai partner dari platform E-commerce tersebut mereka sudah bisa berjualan produk-produk yang ingin mereka tawarkan kepada konsumen. 

Manfaat Teknologi Untuk Mengakses Informasi yang Sangat Cepat:

Jaman dulu kita bisa mendapatkan informasi, kita harus mendengarkan radio atau membaca koran. Jaman sekarang adanya Internet, semua informasi dalam negeri maupun luar negeri dapat kalian akses di manapun atau kapan pun kita berada. Internet memberikan akses cepat terhadap informasi saat ini. Meskipun begitu mudah untuk mendapatkan informasi di internet tentunya kita juga harus pintar mengambil informasi yang akurat dan tepat.

Manfaat Teknologi Untuk Kemajuan dalam Dunia Pendidikan:

E-learning adalah sistem pembelajaran dalam bentuk elektronik yang dapat di definisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang bisa kita terapkan dalam bidang pendidikan saat ini. E-learning sangat membantu bagi anak-anak dan juga guru saat Covid-19 melanda dunia saat itu. Dengan adanya teknologi informasi proses pembelajaran pada saat itu lebih mudah dan untuk anak-anak bisa mendapatkan pembelajaran sama seperti mereka masuk sekolah sebelum Covid-19. Proses pembelejaran juga menggunakan metode daring yang artinya segala sesuatu bisa di lakukan secara online. Anak-anak hanya membutuhkan handphone dan koneksi internet agar bisa terhubung dengan guru dan teman-temannya.

Manfaat Teknologi Untuk Kemajuan di Tempat Kerja:

Adanya perangkat lunak/aplikasi dapat mempermudah proses pekerjaan suatu karyawan di sebuah perusahaan. Aplikasi tersebut seperti Microsoft Office, Zoom dll. Dengan teknologi yang ada sekarang semua bisa di kerjakan dari manapun kapanpun dan untuk waktunya sendiri bisa kita yang menentukan. 

Manfaat Teknologi Untuk Kemajuan dalam Bidang Kesehatan:

Teknologi yang ada dalam bidang kesehatan saat ini telah membawa perubahan yang sangat besar. Contohnya mulai dari pemanfaatan big data untuk penelitian medis, hingga pengembangan alat kesehatan seperti Termomether Digital, Glukometer, dan Autochek 3 in 1 GCU, yang masing-masing dari alat tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Tak hanya itu kemajuan dalam bidang kesehatan juga mempunyai hal yang positif bagi Masyarakat karena tak perlu menunggu waktu lama untuk mengetahui apakah kita terserang penyakit apa. 

Manfaat Teknologi Untuk Kemajuan Energi Saat Ini:

Teknologi juga berpengaruh besar dalam menjaga lingkungan hidup. Contohnya seperti Panel Surya dan Mobil Listrik. Teknologi untuk lingkungan hidup bisa mengurangi polusi udara yang ada sekarang di sekitar kita contohnya mobil listrik. Begitu juga dengan panel surya, contoh teknologi yang menggunakan panel surya yaitu seperti PJU atau bisa disebut Penerangan Lampu Jalan yang dapat menyimpan cahaya matahari sebagai listrik. Panel surya mempunyai dampak positif yaitu bebas akan polusi dan hemat biaya.

Manfaat Teknologi Untuk Kemajuan Transportasi:

Kemajuan teknologi dibidang transportasi terbilang sangat cepat, karena awalnya sebuah mobil hanya bisa dikendarai dan kita sendiri yang menjadi navigasinya. Sekarang semua mobil mempunyai fitur GPS yang bisa memberikan kemudahan kepada kita sebagai petunjuk jalan. 

Manfaat Teknologi Untuk Kemajuan Keamanan dalam Segala Hal: 

Tak hanya memudahkan untuk keseharian kita, teknologi juga memberikan kita keamanan berupa keamanan dengan sistem yang canggih, teknologi enkripsi, dan keamanan cyber. Semua ini dapat membantu keamanan data pribadi kita dan juga apabila kita melakukan transaksi online.

Kesimpulan

Sekarang kita telah berada dijaman teknologi, tapi kembali lagi kepada diri kita semua, teknologi dapat dipergunakan untuk kehidupan kita sehari-hari dan juga dapat membantu segala hal untuk kehidupan kita. Tapi ingat yaa jangan pergunakan teknologi yang ada sekarang untuk hal-hal kejahatan. Pergunakanlah teknologi yang ada bagaimana mestinya. 

Komentar
Bagikan:
Sebelumnya

Selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan